.::Wongbagoes

Icon

Mengetahui saja belum cukup, kita harus bertindak. Sekedar inginpun belum cukup, kita harus melaksanakan

Merdeka!!! Kenapa Hanya Bisa Mengeluh???

Hari ini tepat 63 tahun Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Begitu banyak nyawa telah dikorbankan. Peristiwa demi peristiwa baik dari proses merebut kemerdekaan sampai beberapa tahun setelah merdeka telah dilalui. Pergantian pucuk pimpinan negeri ini juga telah berubah. Di awali oleh Soekarno seorang tokoh nasionalis yang membawa perubahan berarti bagi bangsa. Yang akhirnya digantikan oleh Soeharto seorang Jawa tulen yang menempati jabatan Presiden setelah peristiwa PKI. Dalam kepemimpinan Pak Harto ini Indonesia telah mengalami banyak kemajuan. Pada awal pemerintahannya Indonesia mengalami tekanan Ekonomi hebat akibat pemerintahan sebelumnya, Soeharto mampu mengatasi dan lambat laun Indonesia menjadi salah satu kekutan ekonomi yang disegani. Namun, karena terlalu lamanya berkuasa dan berbagai kasus KKN (yang walaupun sampai meninggal belum bisa dibuktikan secara hukum) akhirnya Soeharto lengser dengan meninggalkan triliun-an Utang negara.

Sang pemimpin negeri ini pun beganti dengan sesosok tekhnokrat lulusan Jerman BJ Habibie. Dalam kepimpinan warisan Soeharto ini Habibie mempunyai record yang buruk yaitu terlepasnya Timor Timur menjadi sebuah negara. Kepemimpinan ini tidak berlangsung lama setelah itu digantikan oleh KH Abdurrahaman Wahid atau biasa dipanggil Gusdur. Kyai asal Jawa Timur ini dipilah setelah mengalhkan Megawati melalui sidang MPR. Gusdur juga hanya bertahan sebentar karena Gusdur dilengserkan MPR gara-gara kasus Bulog.

Sekali lagi jabatan warisan berlangsung. Megawati menggantikan Gusdur sampai tahun 2004. Dalam kepemimpinan Megawati ini pemberlakuan DOM di Aceh diaktifkan lagi. Dalam kepimimpinanya tidakada (atau mungkin saya lupa) tida ada prestasi yang membanggakan.

Reformasi pun berlanjut dengan pemelihan presiden untuk pertama kalinya. Dan akhirnya Susilo Bambang Yudoyono (SBY) terplih menjadi presiden. Dalam awal kepemimpinanya terjadi bencana besar Aceh yang mengakibtakan ribuan orang meninggal dan kehilangan tempat tinggal. Setelah peristiwa itu perjanjian damai dengan GAM terwujud. Kenaikan BBM juga terjadi saat kepemimpian SBY (meskipun beberapa presiden sebelumnya terjadi). Kepemimpinan ini akan berakhir 2009 nanti.

Lantas apa yang bisa kita lakukan??? sayang sekali kebanyakan dari kita hanya bisa mengeluh dan merenungi nasib bangsa ini yang terus dirundung duka.

Mengutip pernyataan seorang tokoh terkenal:

“Jangan pernah bertanya apa yang telah diberikan negeri ini untuk dirimu, tetatp bertanyalah apa yang telah kau berikan untuk negeri ini”

Memang sepele, tapi kebanyakan dari kita gak sadar akan hal itu. Sahabat saatnya bergerak dan memberikan kontribusi untuk bangsa ini. Bangsa yang besar, bangsa yang gemah ripah loh jinawi, bangsa yang ramah, dan saatnya bangsa yng pernah disebut macan asia bangkit.

Filed under: Opini

One Response

  1. gajah_pesing says:

    “Jangan pernah bertanya apa yang telah diberikan negeri ini untuk dirimu, tetatp bertanyalah apa yang telah kau berikan untuk negeri ini”
    saya setuju dengan kalimat diatas… Sampe saat ini pun aku masih belum bisa mampu untuk berkorban buat negaraku, hiks… -menyedihkan-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: