.::Wongbagoes

Icon

Mengetahui saja belum cukup, kita harus bertindak. Sekedar inginpun belum cukup, kita harus melaksanakan

Dipilih-dipilih, Ga Menjamin Rakyat Semakin Sejahtera

Who the next Gubernur Jawa Timur???

Kaji

Kaji

SR

SR

Salam

Salam

Achsan

Achsan

Karsa

Karsa

Jawa Timur sebuah propinsi dengan jumlah penduduk terbanyak akan menetukan masa depannya hari ini. Banyak janji-janji yang ditawarkan dari pendidikan gratis sampai penyelesaian kasus Lapindo. Layaknya julan berbagai cara ditempuh untuk memasarkan barang dagangannya. Mulai dengan mendatangkan tokoh-tokoh nasional sampai bagi-bagi uang dengan modus sumbangan.

Sungguh ironis memang, uang milyaran bahkan mungkin triliunan dihambur-hamburkan hanya untuk sekedar mengundang artis kampung untuk pementasan dangdut yang disertai joged erotis, atau sekedar nampang di TV nasional yang tebar pesona…hahaha

Tapi disisi lain masyarakat/rakyat terlalu takut dengan kyai yang mengharuskan memilih calon-X, atau terlalu takut jika nanti akan dimutasikan jika memilih yang bukan petunjuk atasan, ataupun terlalu takut dikucilkan dari lingkungan…

Hmm,.. ya mungkin masih sebatas itu pemahaman masyarakat kebayakan saat ini. Saya masih ingat ketika saya survey di suatu desa tapi bukan di Jawa Timur mengungkapkan tentang hal ini. Berikut ini gambaran wawancaranya:

Responden:”Wah mas klo saya ikut kata desa saja”

Saya: “Kenapa begitu, Pak?”

Responden: “Saya ini Pak RT disini mas, klo Saya tidak memilih sesuai anjuran desa takut ada apa2”

(Saat itu wawancara menggunakan bahasa Jawa ‘ngapak‘)

Sedangkan wawancara dengan salah satu responden yang berprofesi sebagai guru (lokasi masih sama seperti dengan wawancara sebelumnya). Dalam wawancara awal memang responden ini menentukan apa yang benar2 menjadi pilihanya. Namun mendekati akhir interview responden mengungkapkan sepertini ini:

“Sebelum ada pemilu biasanya ada pengarahan oleh pimpinan, nah walaupun tidak sesaui dengan pilihan hati nurani Saya mengikuti kata pimpinan. Klo seadainya Saya ketahuan tidak sesuai dengan pilihan pimpinan malah nanti bisa di MUTASI

Hah???

Yang selama ini mendengar lewat selentingan ternyata itu benar2 nyata.

Begitulah sedikit gambaran masyarakat kita (bukan berarti semua seperti itu).

Namun apapun bentuknya, siapapun calonnya Masyarakat Jatim harus memilih. Entah siapapun yang dipilih semoga sesuai dengan hati nurani dan terus berharap semoga pemimpin baru mampu membawa perubahan kepada Rakyat Jawa Timur. Semoga!!!!

Filed under: Opini, , ,

10 Responses

  1. beli satu dapat dua gak neh
    . ada garansi gak?
    kalo gak sesuai bisa di kembalikan.
    ehhh nanti gak bisa mimpin malah gak mau mundur

    NaH itu, masalahnya mas ga da yg mo ngasih garansi…

  2. Iis sugianti says:

    He,,,he,,,Mas Satya boleh juga…beli satu dapat dua…kalo busuk, boleh tukar ….

    Masalhnya mbak ga da yg spesial pake telor..🙂

  3. arifudin says:

    he…he….

    Lah kok ngguyu thok… jgn2 gubernure ntar juga bisa ngguyu thok, senyum2 thok biar dianggep murah senyum…

  4. taro says:

    pemilu jadi ada dua putaran ya…
    semakin seru aja nih

    Kayaknya begitu Pak Taro, KPU ne sik mumet

  5. kaudanaku says:

    siapapun gubernur e, mugo2 rakyat jatim tambah makmur wae lah….yo ra dik?

    Leres mbakyu,.. tapi apa ada ya??

  6. iephe says:

    Yah….jadinya putaran ke2…..capek dech….:lol:

    Hu uh mbak ada babak perpanjangan waktu… Klo ga da pemenang adu pinalti, Klo tuan rumah kalah bisa rusuh..😀

  7. theloebizz says:

    kok poto sy nda ikutan dipajang??hehehhee…

    Photonya mbah dah tak pasang dikamar
    Hehehe

    ….

  8. dafhy says:

    saipaun gubernurnya………….
    semoga menepati janji waktu kampanye aja
    jangan habisa manis sepah dibuang……..
    qt dah milih buat perubahan eh malah beliau lupa sama rakyat yang memilihnya……
    n semoga g’terjadi ricuh ja kaya’ daerah laen…………
    kandidat yang kalah ya bisa legowo n menerima kekalahan
    jangan malah mengerahkan massa………
    klo seperti itu mah kandidatnya perlu disekolahin ke TK lagi🙂

    Setujuh mas…

  9. azaxs says:

    hmmm… putaran kedua nyoblos ga ya? …😆

    Nyoblos sy sajalah..😆

  10. Edi Psw says:

    wah, repot mau milih siapa.
    enaknya diundi aja
    hehehe…

    Klo repot pilih sy sajalah mas,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: