.::Wongbagoes

Icon

Mengetahui saja belum cukup, kita harus bertindak. Sekedar inginpun belum cukup, kita harus melaksanakan

Ada SPMB, ada juga UMPTN

Wongbagoes™- Pagi ini kuliah seperti biasa, ke kampus sekitar pukul 11.00. Sambil jalan aku sempatkan beli koran tempo seribu perak (Yah, buat baca waktu dosen lg nerangin di depan..eit jgn ditiru). Sambil liat-liat ada juga koran Media Indonesia di halaman depan ada berita 41 Perguruan Tinggi Keluar dari Perhimpunan SPMB tapi ya aku anggap angin lalu.

Jam 7an malam ngenet di Cyber kampus (sekedar refresh otak…), tak lupa tiap ngenet selalu buka yang namanya detik.com ya biar sedikit punya info. Namun ada sesuatu yang menarik dalam berita detik kali ini yakni tentang keluarnya 41 perguruan tinggi dari perhimpunan SPMB. Berikut nama-nama PTN yang menyatakan keluar:

  1. Unair Surabaya
  2. ITS Surabaya
  3. UGM Jogjakarta
  4. UNY Yogyakarta
  5. UNS Surakarta
  6. IPB Bogor
  7. Unesa Surabaya
  8. Unibraw Malang
  9. UM Malang
  10. Unej Jember
  11. Univ. Trunojoyo Madura
  12. UIN Malang
  13. Undip Semarang
  14. Universitas Mulawarman
  15. Universitas Riau
  16. Universitas Udayana Bali
  17. Universitas Haluoleo
  18. Unsri Palembang
  19. Unhas Makassar
  20. Universitas Sam Ratulangi Manado
  21. Unkhair Ternate
  22. Universitas Mataram NTB
  23. Unsoed Purwokerto
  24. Universitas Lambung Mangkurat
  25. UNM Makassar
  26. UIN Sunan Gunung Jati
  27. UNIB Bengkulu
  28. Unpad Bandung
  29. Unnes Semarang
  30. Universitas Negeri Manado
  31. Universitas Andalas
  32. Universitas Nusa Cendana
  33. ITB Bandung
  34. UIN Sunan Kalijaga
  35. Universitas Tadulako
  36. Universitas Pattimura
  37. Universitas Palangkaraya
  38. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  39. Universitas Cendrawsih
  40. Universitas Negeri Gorontalo
  41. IAIN Sunan Ampel Surabaya

Keluarnya ke-41 PTN tersebut seperti berita di beberapa media disebabkan ketidakcocokan antara sejumlah rektor PTN dengan Perhimpunan SPMB mengenai pengelolaan keuangan dari pendaftaran calon mahasiswa baru. Selama ini, karena merasa menjadi sebuah organisasi swasta, perhimpunan SPMB menilai pengelolaan keuangan adalah wilayah otonom mereka. Akhirnya, laporan keuangan hanya disampaikan dalam rapat pemegang saham setiap akhir tahun. Namun demikian, sejumlah PTN yang memutuskan keluar tersebut menganggap dana yang dihimpun Perhimpunan SPMB seharusnya menjadi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Oleh karena itu, uang tersebut harus disetor ke kas negara. Penggunaan dana untuk operasional dapat dilakukan dengan mengajukan proposal terlebih dulu. Artinya ada ketidakpuasan rektor-rektor PTN terkait “bagi hasil” antara Perhimpunan SPMB dan PTN itu sendiri.

Dengan keluarnya 41 PTN tersebut maka akan ada 2 hajatan besar mengenai penerimaan mahasiswa baru. Diberitakan bahwa SPMB akan diadakan pada 2-3 Juli 2008, sedangkan UMPTN 25-26 Juni 2008. (Detik, 10/3). UMPTN akan dilaksanakan secara bersama-sama antaa 41 PTN tersebut.

Filed under: Opini

15 Responses

  1. hanggadamai says:

    wah bingun ngebedainnya tuh🙂

  2. bling-bling says:

    hiks hiks kacian adek2 kita ne…..

  3. nisak says:

    trus sekarang bagaimana perkembangan dari spmb vs umptn?? apa tetap dilaksanakan tuh?? kan kasihan ma adik2 sdah bingung mikiran UAN dan UAS juga dibingungkan masalah harus milih spmb atau umptn

  4. fadila says:

    klo punya minta formulir pendaftaran umptn sama spmb bwat adekku
    sama informasi pendaftaran umptn unnes sama undip semarang
    bisa dikirimin di imael aku : {fadilla_jpr@yahoo.com}
    tas bantuannya makasih banget bwat wongbagus cukcess……………!!!

  5. fadila says:

    mo tanya lagi bos untuk tempat pendaftarannya gimana tu boss??
    tenxs yach….”

  6. emily says:

    mo tanya tmpt pendaftarannya gmna??????

    tyuz klo da formulir unair yg ips ma unesa yaw,,,ma informasi pendaftarannya jga,,,,,thx b4

  7. emily says:

    oya da lgi gmna untk tmpt testnya??

  8. wongbagoes says:

    @Fadila & Emily:

    Alhamdulillah klo ndak slah SPMB tetep berjalan meskipun dengan ganti nama menjadi SNM PTN. Dan 41 PTN yg sempat menyatakan keluar sudah bergabung lagi. Klo belum jelas silahkan baca di sini, di sini, dan di sini

  9. ade says:

    mo tanya tempat pendaftaran UMPTN di UGM dimana ya?
    end gmana caranya memperoleh formulirnya?
    tolong ya mas….

  10. ade says:

    oooya…pengambilan formulirnya bisa diwakilkan g’?, pembayaran formulirnya dimana?

  11. Lenny says:

    Aku mau tanya nih. Kepastian Pendaftaran dan Tes UMPTN tuh tanggal berapa sih ?
    Dan proses atau cara pendaftarannya tuh gimana?
    Tolong balas segera di e-mail ku ya….
    Sebelumnya terima kasih banyak.

  12. wongbagoes says:

    @ ade & Leni:

    Silahkan buka:

    http://www.snmptn.ac.id

    Untuk Panitia Lokal, silahkan hubungi kampus terdekat

  13. dede says:

    kpn ya umptn undip semarang n dmn tempt pendaftarannya?

    Tgl 2 n 3 Juli,

    Kan dah diwab di ata

    s

  14. UNGGUL says:

    aduhhh,,,mo jadi sarjana nganggur aja susahnya minta ampun

  15. mexesaid says:

    kapan pendaftaran umptn wil.semarang tolong balas pesan ini kumohon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: